Selasa, 01 September 2015

Tradisi, Budaya dan Wisata Pujon



Setiap tahun, untuk memperingati hari ulang tahun  desa Pujon Lor diadakan kirab budaya, kirab ini dimulai dari gedung waserda Pujon Lor melewati jalan provinsi dan berakhir di punden watu gong.Pagelaran ini,menampilkan tumpeng yang diarak  dan kesenian tradisional seperti kuda lumping,bantengan,dan tari-tarian .Kirab ini dikuti oleh seluruh RT di desa Pujon Lor.Masing-masing kampung membuat desain berbeda,tak hanya didominasi oleh tumpeng nasi kuning,tumpeng buah,palawija,sayur,bahkan tumpeng yang terbuat dari kue basahpun kerap hadir dalam kirab ini.Intinya semua peserta bebas berkreasi.





Ketika iring-iringan tumpeng sudah sampai di Punden desa Pujon Lor, acara dilanjutkan dengan doa bersama,tari gambyong, dan pembacaan sejarah Pujon Lor oleh kepala desa.Acara kirab budaya Pujon Lor diakhiri dengan pertunjukan kesenian tradisional kuda lumping. Pagelaran kirab budaya ini merupakan pembuka dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun Pujon Lor,setelah kirab budaya, digelar karnaval dengan rute mengelilingi desa Pujon Lor. Peserta dari Karnaval ini,adalah perwakilan dari tiap RT di Pujon Lor,perkumpulan kesenian tradisional Pujon Lor dan perwakilan dari sekolah-sekolah di Pujon Lor. Karnaval HUT Pujon Lor tidak berpatokan pada tema tertentu, semua peserta bebas berkreasi.Mulai dari kesenian tradisional, replika rumah adat ,tarian kontemporer sampai kostum-kostum unik ala fashion carnival dapat dijumpai dalam pagelaran ini. Karnaval ini,selain menjadi sarana hiburan, juga menjadi semacam kontes kreativitas dan kekompakan antar RT di Pujon Lor,karena selama pagelaran kirab tumpeng dan karnaval pihak panitia menugaskan beberapa juri untuk menilai kekompakan dan kreativitas peserta,dari proses tersebut akan dipilih peserta terbaik yang selanjutnya mendapatkan penghargaan berupa trophy dan sejumlah uang. 



Wisata pujon Memiliki potensi wisata yang masih alami, Desa Pujon Kidul merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur yang cocok untuk refreshing dan wisata edukasi. Kegiatan yang dilakukan dalam wisata edukasi yaitu seperti petik sayur, peternakan, pembelajaran energi alternatif, pengolahan susu, dan Outbond/ Fun Games.


Sambil berwisata alam, Ngalamers juga bisa menikmati beragam kesenian tradisional seperti, Kuda Lumping, Pencak Silat, dan Tarian Sanduk. Desa Pujon Kidul juga memiliki kuliner dan oleh – oleh khas yang ditawarkan kepada para wisatawan seperti makanan khas, produk olahan susu, kerajinan tangan (handycraft), dan produk agro yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga.

Aktivitas liburan yang bisa dinikmati di Desa Pujon Kidul
1. Wisata dan Outbond:

  • Wisata Edukasi - Edukasi petik sayur (pertaian), Edukasi sapi perah (peternakan), Edukasi Bio Gas, Edukasi hasil olahan.
  • Wisata Alam - Gunung Aping, Coban Kodok, Sumber Pitu
  • Wisata Budaya - Kuda Lumping, Pencak Silat, Tari Sanduk
  • Outbond -Paintball, Horsing, Tracking, Donut  Boat, Mountain Bike
2. Kuliner dan Oleh oleh.
3. Fasilitas:

  • Homestay - Desa Pujon Kidul ini menawarkan berbagai alternatif pilihan home stay. Ngalamers dapat menginap di rumah warga dengan konsep yang unik, menarik, dan yang berbasis kekeluargaan. Para wisatawan juga dapat melakukan aktivitas bersama dengan pemilik rumah. Memasak makanan tradisional dan bercocok tanam sayuran di ladang, atau juga memerah susu. Semua aktivitas dilakukan wisatawan bersama dengan pemilik rumah.
  • Camping Ground
  • Rest Area
  • Balai pertemuan


1 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com